Apakah Tsunami Rawan Terjadi di Indonesia?


Since long ago the Indonesian archipelago… has been recognized for its frequent earthquakes Just so you know.. out of 171 countries, Indonesia ranks 36th on the World Risk Index Even in 2004… one of the most powerful earthquakes ever recorded…. shook Aceh and the surrounding areas triggering a giant tsunami… Did you ever wonder… if it’s possible for another oceanic disaster this big to happen in the future? Or could it be even worse? Unfortunately, the answer is… yes because Indonesia lies on… not just one… but two of the world’s most active seismic belts As a part of the Ring of Fire zone there are strings of volcanoes both on land and under the sea In ancient times… The Ring of Fire was formed where different plates of the Earth’s crust met These plates can… collide… split apart … or slide past one another and at the boundary of the plates, there are many faults that are constantly shifting and moving These tectonic movements are the most common cause of earthquakes. After 2004 several other big earthquakes have hit the Sumatran west coast Only this time… the causes of the earthquakes were so complex… that researchers from different fields had very different explanations for what happened Through several expeditions researchers were able to find out that the 2012 earthquake originated from an ancient oceanic basin while the one in 2010… originated from a large portion of the Sunda Megathrust fault called the “Mentawai Gap” But, what’s so special about this fault anyway? So basically, the Mentawai Gap… holds a huge amount of energy, but it hasn’t ruptured for centuries Today, this fault is already surrounded by cracks and patches If it ruptures someday… can you imagine how massive an earthquake it could trigger? This important data about oceanic tectonics is… gathered via offshore research, which is only possible… with research vessels, such as Marion Dufresne With this special ship, researchers can use sophisticated devices to take samples of the seabed map the ocean floor and take a seismic survey… just like an ‘x-ray’ of the earth to see different layers of sediments Thanks to these observations, we can better understand the structure of earthquake faults This knowledge will help us anticipate earthquakes and tsunami hazards in the future. So, if another 2004 Aceh disaster happens again… we will be more prepared to face it! And as usual, thanks for watching.

100 thoughts on “Apakah Tsunami Rawan Terjadi di Indonesia?

  1. Min kan katanya ada kapal canggih yang bisa mendeteksi bawah laut..
    Nah ada ga yang pernah menjelajahi palung marina dan kalau sudah apa saja yang ada didalamnya?

  2. sempet hampir kecewa kok sepanjang cuplikan ndak ada si bakso uhuy, ternyata ada diakhir! :'D

  3. tanya dong… makanan pokok kita kan beras, kenapa kadang harga cabai lebih mahal dari beras?

  4. Knp SIM yang bentuknya kartu dibilang surat, sedangkan KK yg bentuknya kertas kayak surat dibilang kartu?

  5. Yang terbaru adalah gempa bumi di Donggala yang mengakibatkan tsunami yang menerjang kota Palu

  6. Setahun dari video ini ternyata indonesia benar terkena bencana stunami. Turut berduka & semoga sodara" kita disana diberi ketabahan

  7. Min, bahas fenomena tanah bergerak..

    Apa itu Likuifaksi? Bagaimana ya mengetahui daerah yg rawan tanah bergerak? umpama daerahnya termasuk rawan tanah gerak, ada gk ya model bangunan rumah yg bisa meminimalisir korban bncana tanah begerak?

  8. Min bahas dong ttg fenomena ikan terdampar dipantai sebelum terjadinya tsunami di aceh dan teliti jg apa cm aceh yg mengalami terdamparnya ikan2 sebelum terjadinya tsunami

  9. Kok bisa? selalu bisa menjawab apa yang kadang terlintas di pikiranku

  10. anjing masih ada aja yang dislike tolol bgt maunya apasih orang indo yang tolol itu ?

  11. Udh terjadi.. kemarin d donggala, bahkan palu kena tsunami. Tepat 1 tahun 8 hari setelah video ini d publish

  12. kak mau tanya dong aapa dampak yang kita dapeet kalo di jakarta ada gempa atau lempengan yang kegeser di bawah nya sehinga jdi tsunami. jakarta kan juga deket sama laut kayak ancol,tanjung priuk,marunda.

  13. Min bahas tentang fenomena likuifaksi bagaimana bisa terjadi, serta penjelasannya. Terima kasih.

  14. min bahas tentang tsunami palu dan donggala dong min, sesar palu koro. salam dari palu

  15. Kebanyakan dosa, pelakunya sok suci, politik kotor d tunggangi agama, Allah marah sama Indonesia yg org2x banyak yg minat sok suci, politik kotor d dukung agama

  16. Bisnis menjanjikan hanya dengan Rp 15.000,- saja , Anda bisa balik modal 10 x lipat dalam 10 menit. Klik disini > WWW(.)SHINCHANPOKER(.)COM < untuk info lebih jelas dan lengkap nya !!!..dan langsung tayakan ke CS – nya. Kontak lainnya juga tersedia

    WA : +62 859 – 3928 – 1322

    BBM : DDCF6FCD

    Harus Gabung dan Coba !!! Dijamin 100 % tidak menyesal

  17. Gak tau kenapa… aku selalu ngelihat berita bencana akhir2 ini di 2018… mohon doanya agar kita bisa selamat dan orang yang terkena bencana bisa sembuh seperti dahulu kala…. amin…

  18. ka video kok bisa penyampaiannya bagus buat anak anak, saran buat video informatif kaya untuk mitigasi bencana dsb yg anak anak skrg kurang tau tapi penting dikemas dengan sederhana

  19. jika sunami beneran terjadi.dan sudah diberitakan di tv.apalagi pas keesokan harinya.aku lansung ke markas militer. suruh militer untuk nyetir pesawat jet tempur untuk mengunsi ke negara lain.atau naik sampai 112 killo meter. kalian tau lah yang.kok bisa.judulnya apakah bisa pesawat ke luar angkasa.ok kembali ke topik.dan tunggu sampe sunaminya udah selesai.ok masalah terselesaikan.??

  20. Mantap! Videonya jelas & informatif, makasih buat ilmunya. Kita juga punya konten yang serupa, boleh dicek video-videonya. Makasih kak

  21. Kenapa orang tua bisa menyayangi anak-anaknya dengan tulus, rela melakukan apapun untuk anaknya? Meskipun anak itu nakal banget tapi ortu ga pernah benci anaknya.

  22. Jadi indonesia bisa diserang godzilla di masa depan iihh ngerii

  23. Aaaaahhhh tttoollloongg ada gempa dan tsunami tolong >○<

  24. kok bisa
    saya mau nanya dong
    kenapa kalo makan coklat terus minum teh kenapa tehnya jadi tawar ngak manis?

  25. Sejak jaman bahe-ula? Adminnya bukan org sunda nih gabisa ngikutin logatnya ?

  26. kakakku lahir bulan juli (lupa tanggal berapa) tahun 2004 berarti kejadian itu udh terjadi sebelum aku lahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *